Jelang pelaksanaan Kongres XV Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang akan berlangsung 25 – 28 Nopember 2015 mendatang, sejumlah nama sudah mulai meramaikan bursa calon Ketua Umum. Menariknya, nama-nama kandidat justru didominasi kader daerah.

Informasi yang dihimpun KNcom di internal GP Ansor, sejumlah nama yang beredar antara lain Gus Abdussalam Shohib (Pengasuh Ponpes Mambaul Ma’arif, Denanyar, Jombang / Katib Syuriyah PBNU), Gus Syaikhul Islam Ali (Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo / Anggota DPR RI Fraksi PKB), Hery Haryanto Azumi (Wasekjen PBNU / Ketua Barisan Penggerak Bangsa), Gus Yaqut Cholil Qaumas (Pengasuh Ponpes Roudhatut Thalibin / Anggota DPR RI Fraksi PKB), dan Gus Sholahul ‘Am Notobuwono (Pengasuh Ponpes Tambak Beras Jombang / Ketua PW Ansor Jawa Timur).

Dari sejumlah nama tersebut, Gus Yaqut Cholil Qoumas yang tampil sebagai kandidat terkuat.   Gus Yaqut Cholil Qoumas yang juga putra alm KH Cholil Bisri Rembang, dalam sebuah forum konsolidasi di Ponpes Annur Al Anwar Maron Purworejo, menyatakan keinginannya untuk memantabkan kaderisasi berjenjang, dengan membekali setiap pengurus dengan pemahaman yang benar atas sejarah, visi, dan misi dilahirkannya Gerakan Pemuda Ansor.

Merespon munculnya beberapa nama kandidat ini, Ketua Umum PW GP Ansor Jawa Timur Rudi Tri Wahid mengatakan, banyaknya calon justru menunjukkan bahwa proses estafet kepemimpinan di tubuh Ansor berjalan dinamis.

“Siapa saja kader Ansor tentunya boleh mencalonkan diri. Itu hak kader yang diatur dalam Pedoman Organisasi. Makin banyak calon akan semakin bagus,” urainya.

Hal senada disampaikan Ketua PW GP Ansor Lampung Hidir Ibrahim. Menurutnya, sejumlah nama yang beredar tersebut memang merupakan kader pilihan yang layak untuk ikut berkontestasi dalam perebutan posisi Ketua Umum GP Ansor mendatang.

(Diolah dari komprominews.com)

keterangan foto: Gus Yaqut (paling kanan) ketika bersama sejumlah pengurus Pimpinan Pusat GP Ansor bersilaturahmi dengan Sri Sultan di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *