Guru mempunyai peran penting dalam meningkatkan toleransi pemahaman dan pengamalan nilai-nilai empat pilar kehidupan berbangsa yaitu Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Peran guru penting dikarenakan dunia pendidikan mendidik dan membina karakter generasi muda yang menjadi tumpuan harapan bangsa,” kata Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Yaqut Cholil Qoumas, Selasa.

Ia mengatakan figur sentral dalam dunia pendidikan yaitu guru memegang peranan penting dalam mensosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa kepada siswa-siswanya dengan memberikan contoh dan teladan yang nyata.

Menurut dia, salah satu teladan yang nyata dari guru adalah memberikan contoh sikap toleransi kehidupan beragama kepada peserta didiknya sehingga nilai-nilai toleransi tidak hanya dalam teori tapi juga terwujud dalam kehidupan nyata.

Selain dunia pendidikan, dia juga menambahkan pentingnya peranan keluarga dalam mensosialisasikan nilai-nilai empat pilar karena keluarga adalah “madrasah kehidupan” pertama dalam masyarakat.

Yaqut yang biasa dipanggil Gus Tutut juga telah melakukan sosialisasi di hadapan ratusan peserta sosialisasi yang terdiri dari para kyai, alim-ulama, sejumlah aktivis GP Ansor, santri pesantren Roudlotut Tholibin dan masyarakat umum di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin di Desa Duwet Pekalongan Selatan Kota Pekalongan, Jawa Tengah. (http://bogor.antaranews.com/berita/15256/guru-punya-peran-penting-sosialisasi-empat-pilar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *