Sahabat Yaqut Cholil Qoumas, pendiri dan mantan Ketua Umum PMII Depok resmi menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 setelah dilantik pada Rapat Paripurna DPR, Selasa 27/1.  Gus Tutut panggilan akrabnya duduk sebagai anggota DPR melalui mekanisme PAW (Pergantian Antar Waktu) setelah Hanif Dhakiri menjadi Menteri Tenaga Kerja.

Pada Pemilu Legislatif 2014, Yaqut ditempatkan di Dapil X Jawa Tengah (Pekalongan dan sekitarnya) oleh partainya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan berhasil menempati peringkat ketiga dalam perolehan suara.   PKB merupakan “rumah” bagi Gus Tutut mengingat almarhum ayahnya, KH Cholil Bisri merupakan pendiri PKB dan sempat menjadi Wakil Ketua MPR.

Sahabat Yaqut menempuh pendidikan sarjananya di Jurusan Sosiologi FISIP UI. Semasa kuliah, Yaqut mendirikan PMII Depok pada tahun 1996 serta menjadi Ketua Umum PMII Depok periode pertama.  Setelah purna dari PMII, Sahabat Yaqut sempat menjadi Wakil Bupati Rembang dan aktif di Gerakan Pemuda Ansor.

Sahabat Yaqut merupakan alumni PMII UI kedua yang berhasil menduduki kursi DPR setelah Sahabat Nusron Wahid yang menjabat anggota DPR selama 2 periode (2004-2009 dan 2009-2014).

Selamat untuk Sahabat Yaqut Cholil Qoumas dari keluarga besar PMII UI, semoga amanah!

pada laman forluni.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *